in ,

Wayne Rooney: Terpilih Sebagai Manajer Baru Birmingham City

wayne-rooney-birmingham

Birmingham City telah mengumumkan pengangkatan Wayne Rooney sebagai manajer baru mereka. Eks kapten timnas Inggris berusia 37 tahun ini bergabung dengan klub Championship ini dengan kontrak selama tiga setengah tahun.

Rooney menggantikan John Eustace sebagai pelatih kepala Birmingham City, yang dipecat pada Senin setelah berada di posisi tersebut selama 15 bulan. Pengangkatan Rooney ini menjadi perubahan manajerial pertama yang dilakukan oleh pemilik baru Birmingham, Shelby Companies Limited asal Amerika sejak mereka mengambil alih pada Juli.

Rooney Didukung Tim Kuat

Rooney akan didukung oleh mantan rekan timnas Inggris dan asisten Inggris Under-21 saat ini, Ashley Cole serta mantan rekan satu timnya di Manchester United, John O’Shea, yang saat ini juga adalah asisten pelatih tim nasional pria Republik Irlandia. Carl Robinson dan Pete Shuttleworth juga akan menjadi bagian dari staf pelatih Rooney setelah sebelumnya membantu Rooney di DC United.

Pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan ketiga Rooney sebagai manajer, setelah masa jabatannya di MLS club dan Derby County. Pertandingan pertamanya akan berlangsung di Middlesbrough pada 21 Oktober.

Latar Belakang dan Harapan Rooney sebagai Manajer

Rooney pensiun dari bermain bola dan diangkat sebagai bos Derby pada Januari 2021, setelah periode sebagai penanggung jawab sementara. Masa jabatannya di Pride Park tercoreng oleh masalah-masalah di luar lapangan. Dia menyelamatkan tim tersebut dari degradasi ke Championship dengan selisih satu poin empat bulan setelah mengambil alih peran tersebut.

Selama musim penuh pertamanya sebagai manajer pada 2021-22, Rams mengalami pengurangan 21 poin atas akibat administrasi dan pelanggaran EFL, dan pembekuan transfer. Derby terdegradasi ke Liga Satu dan Rooney meninggalkan klub tersebut pada Juni 2022 ketika klub masih dalam administrasi.

Rooney kembali ke Inggris setelah setahun lebih sebagai pemain di DC United berbasis di Washington. “Saya sangat senang bergabung dengan Birmingham City pada momen yang sangat menarik ini,” kata Rooney.

Misi Rooney di Birmingham City

Menurut Rooney, dia dan Birmingham City memiliki pemahaman yang sama tentang apa yang diharapkannya dan menegaskan bahwa lingkungan tantangan yang telah dia hadapi sebelumnya telah mempersiapkan dia untuk kesempatan ini.

Rooney berambisi untuk mewujudkan budaya menang di Birmingham City, dengan identitas yang membuat penggemar Blues bersemangat. “Tugas saya adalah meningkatkan klub ke level berikutnya. Saya tahu apa yang diharapkan dan tugas kami adalah untuk memberikan itu,” kata Rooney.

CEO Birmingham, Garry Cook, menyebut pengangkatan Rooney sebagai momen penting untuk klub. Rooney akan langsung bekerja dengan direksi teknis Craig Gardner dalam mengevaluasi skuad dan mengidentifikasi target transfer potensial pada bulan Januari.

Rooney mewarisi klub yang telah bertahan di Championship terlama sejak 2011, dan saat ini berada di peringkat keenam setelah menang tiga dari empat pertandingan liga awal mereka. Hanya waktu yang akan menentukan apakah Rooney dapat mendorong Birmingham City ke Liga Premier.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Harry-Maguire

    Harry Maguire Ancam Tinggalkan Manchester United pada Januari Jika Peran Kecil Terus Berlanjut

    Dampak-Waktu-Tambahan-yang-Lebih-Panjang-pada-Pertandingan-Premier-League

    Dampak Waktu Tambahan yang Lebih Panjang pada Pertandingan Premier League