in

Catatan Sejarah Paling Menarik Dalam Partai El Clasico

Deretan Sejarah El Clasico Real Madrid dan Barcelona
Deretan Sejarah El Clasico Real Madrid dan Barcelona

Dalam beberapa jam mendatang El Clasico jilid pertama akan segera bergulir. Dimana kedua tim antara Real Madrid dan Barcelona sama-sama mengusung ambisi meraih kemenangan.

Namun sebelum laga itu digelar, tentunya menarik disimak tentang catatan menarik yang pernah terjadi di laga El Clasico. Dan dalam pembahasan kali ini kami akan mencoba menyajikan beberapa diantaranya.

Messi Mengubah Wajah Barca

Sejak debut perdananya di partai El Clasico pada November 2005 silam Leo mulai menggoreskan tinta Emas yang tak akan dilupakan Real Madrid. Hingga akhirnya, La Pulga saat ini masih menjadi pencetak gol terbanyak El-Clasico dengan koleksi 26 gol dan 14 Assist.

Dan di era 2000-an ini, Messi menjadi momok bagi Real Madrid setelah mampu menaklukkan mereka dalam 19 kemenangan dan 11 hasil imbang. Hal itu menghapus keunggulan Los Blancos dalam rekor Head to Head pertemuan mereka selama ini.

Hattrick Bocah 19 Tahun di El Clasico

Pada Maret 2007 silam, asa Real Madrid untuk merengkuh kemenangan berkat 3 gol yang mereka sarangkan ke gawang Barcelona. Dipupus Messi seorang diri yang mampu membalas tiga gol tersebut dengan menggetarkan jala Real Madrid 3 kali juga. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan skor 3 sama.

Dengan torehan tersebut, Lionel Messi menjadi pemain termuda yang mampu mencatatkan Hattrick pada tensi Tinggi laga yang mempertemukan dua klub terbaik dunia tersebut.

Kepala Babi untuk Luis Figo

Menjadi Pujaan publik Camp Nou setelah mengantar Barcelona merengkuh berbagai gelar bergengsi. Secara mengejutkan Luis Figo memilih untuk berlabuh ke Santiago Bernabeu, Markas utama Real Madrid.

Culers yang Merasa cintanya dikhianati, melempar sepenggal kepala babi ke arah Figo kala Ia hendak mengambil tendangan pojok.

Momen yang tak akan dilupakan itu terjadi pada partai El-Clasico November 2002, tepatnya saat Real Madrid bertamu ke Stadion Camp Nou.

Standing Ovation Ronaldinho

El Clasico jilid pertama musim 2005/06 lalu, Menjadi salah satu partai ter-ikonik sejarah El Clasico. Sebab, publik Santiago Bernabeu yang kala itu menjamu Barcelona dibuat terkesima dengan aksi Individu Ronaldinho yang mampu mencetak 2 gol fenomenal.

Walaupun laga itu sendiri dimenangkan oleh Barca dengan skor 3-0. Namun, Madridista tak sungkan memberi Standing Ovation kepada Ronaldinho yang telah memperlihatkan pemandangan Indah untuk mereka malam itu. 

Tragedi 8-2 pertama Barcelona

Pada 3 februari tahun 1935 silam, Real Madrid memberi pengalaman kekalahan 8-2 pertama untuk Barcelona. Hal itu terjadi kala El Barca masih dilatih oleh Ferenc Platko. El Real yang sudah unggul 5-1 saat pertandingan baru berjalan setengah jam, membuat Pelatih Barca asal Hungaria itu, meminta untuk mengganti bola pada babak kedua karena takut dicurangi.

Namun, hal tersebut tidak mengubah keadaan dan Los Blancos mencatatkan kemenangan El Clásico terbesar dalam ajang La Liga.

Johan Cruyff Momok Masa Lalu Real madrid

El Clasico yang awalnya didominasi oleh Real Madrid. Mulai seimbang tatkala Johan Cruyff berkarir di Barcelona. Bapak pendiri Filosofi Khas permainan Blaugrana itu menjadi pemain serta pelatih pertama Barcelona yang mampu menghancurkan Los Galacticos 5-0.

Dimana sebagai pemain, pak Johan mempersembahkan kemenangan itu pada februari tahun 74. Sedangkan sebagai Pelatih, ia mengulang kembali momen ikonik tersebut pada Januari tahun 94.

Awal mula tensi tinggi El Clasico tercipta

Cikal bakal rivalitas antara Madrid dan Barca yang intens saat ini bermula dari era 40-an. Era inilah persaingan panas kedua tim memuncak, termasuk hasil seri dengan skor terbesar dalam sejarah keduanya, yakni skor 5 sama di tahun 43.

Dan di tahun 59, El Clasico menjadi laga sepak bola pertama yang ditayangkan di televisi Spanyol. Berkat rivalitas mereka, perangkat Televisi terjual cepat di kedua kota.

Lain-Lain

Jika di total, partai El Clasico telah berlangsung dalam 283 laga. Dan dari total tersebut, Barcelona saat ini memimpin dengan 117 kemenangan, sedangkan Real Madrid hanya mampu memenangi 104 laga. Sedangkan 62 partai sisanya, berakhir dengan hasil Imbang

Untuk jumlah goal, Blaugrana juga memimpin dengan torehan 492 gol, berbanding 458 gol yang mampu dicetak Los Blancos.

===

Nahhh sobat GLNEWS, itulah Catatan Sejarah Paling Menarik Dalam Partai El Clasico. Gimana pendapatmu? tulis di kolom komentar ya. Semoga berlangsungnya laga El Clasico nanti menarik buat disaksikan yaa. Terima kasih dan salam olahraga 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Laporta marah ke Xavi

    Perubahan Penting yang Perlu dilakukan Barcelona Segera

    karim benzema pemenang ballon dor 2022

    Reaksi Bintang Dunia Melihat Karim Benzema Memenangi Ballon d’Or