in , ,

Nathan Tjoe-A-On: Dari Swansea ke Timnas Indonesia dan Peran Strategis Erick Thohir

Tjoe-Nathan

PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) meraih titik balik sejarah ketika Ketua Umumnya, Erick Thohir, menjamu Nathan Tjoe-A-On, bek tangguh Swansea City, dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan bersejarah ini berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, menghadapi timnas Brunei Darussalam pada tanggal 12 Oktober 2023.

Visi Baru Erick Thohir untuk Timnas Indonesia

Mengulas pembicaraannya dengan Nathan, Erick Thohir tampaknya menyoroti kebutuhan mendalam Indonesia akan pemain yang selevel di setiap lini. Menurut Thohir, ini menjadi faktor vital dalam meningkatkan peluang Indonesia untuk tampil di Piala Dunia 2026. Apalagi sekarang, jatah peserta dari Asia telah bertambah menjadi 8,5 dari sebelumnya hanya 4,5.

“Kembali, kami memerlukan 2×11 pemain tim senior yang sama levelnya,” jelas Erick Thohir, “Kalau kami mau jadi lebih baik lagi, kompetisi pasti akan semakin tinggi. Pertandingan akan semakin berat. Semua negara juga menginginkan hal yang sama, yaitu masuk Piala Dunia. Ingat, jatah Asia sekarang adalah 8,5. Setiap tim ingin bermain di Piala Dunia,” sambung Thohir.

Jejak Baru Nathan Tjoe-A-On untuk Indonesia

Nathan Tjoe-A-On, pemain berusia 21 tahun asal Belanda, memiliki keinginan kuat untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini diungkapkan Erick Thohir, yang bahkan tidak segan untuk mengenalkannya kepada Presiden Joko Widodo di laga tersebut.

“Ada, dia [Nathan Tjoe-A-On] serius [menjadi WNI],” ungkap Thohir, “Kalau tidak, dia dan ayahnya takkan datang. Kalau bukan karena itu, dia tidak akan dikenalkan kepada Presiden [Joko Widodo].”

Bagi Thohir, keberadaan Nathan, yang bisa bermain di berbagai posisi, sangat menguntungkan bagi timnas Indonesia. “Dia bisa main sebagai bek kiri, tengah, dan bisa juga di posisi tengah,” jelas Thohir.

Sebelum pertemuan ini, pelatih nasional Shin Tae-yong secara terbuka menyatakan minatnya agar Nathan dinaturalisasi. “Setahu saya proses naturalisasi pemain tersebut berjalan lancar,” kata Pelatih asal Korea Selatan ini. “Untuk masalah administrasi, saya belum tahu. Saya akan bertemu dulu dengan Ketum [Erick Thohir]. Setelah itu, saya akan mengumumkannya,” tambah Shin.

Artikel ini mencerminkan bahwa timnas Indonesia sedang dalam transisi yang penting. Dengan visi dari Erick Thohir dan potensi naturalisasi Nathan Tjoe-A-On, langkah sukses berikutnya dalam sepak bola Indonesia tampak semakin dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Shin-Tae-Yong

    Shin Tae Yong Membawa Perubahan Positif ke Timnas Indonesia

    Ramadhan Sananta Timnas Indonesia

    5 Fakta Menarik tentang Ramadhan Sananta: Pemain Kunci Kemenangan Timnas Indonesia atas Brunei