in

Respect !!! Mengapa Shin Tae Yong Mempelajari agama Islam Saat Melatih Timnas Indonesia

“Indonesia memiliki kultur Islam dan di sana juga ada periode Ramadan saat kompetisi berlangsung, Saya akan beradaptasi dengan semua itu. Saya menghormati agama apapun, namun saya perlu mempelajari wilayah untuk meningkatkan kemampuan fisik mereka.”  

Shin Tae Yong

Ya seperti itulah yang pernah dikatakan oleh Shin Tae Yong sebelum resmi menandatangani kontrak sebagai pelatih Timnas Indonesia. Menurutnya untuk menjadi seorang pelatih harus benar-benar memahami Budaya serta Kultur didalamnya dan tak terkecuali agama. 

Seperti yang ditunjukkan Oleh mantan Pelatih Timnas Korsel Shin Tae Yong, Dimana dirinya harus belajar agama Islam saat menangani Timnas Indonesia. Dan inilah alasan mengapa Shin Tae Yong Mempelajari agama Islam Saat Melatih Timnas Indonesia. 

Alasan Mengapa Shin Tae Yong Mempelajari Agama Islam

Ya nama Shin Tae Yong akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat oleh para pecinta sepakbola di Indonesia bahkan asia. Usai keberhasilannya membawa Pasukan Garuda Muda berbicara lebih di piala AFF 2020. 

Meski gagal menjadi juara dalam kompetisi tersebut, Namun performa luar biasa di tunjukan para pemain-pemain muda timnas Indonesia. Sempat diremehkan dan tak diunggulkan Untuk bisa lolos dalam fase grup. 

Tapi lihatlah sebuah perjuangan para pemain muda Indonesia mampu membuat kagum seluruh penonton yang melihatnya, usai anak asuh Shin Tae yong mampu mencapai Partai final piala AFF 2020. 

Sebuah pencapaian luar biasa itu tak lepas dari tangan dingin pelatih cerdas Shin Tae Yong, Pelatih asal Korsel itu memang telah memberikan segalanya untuk bisa membawa persepakbolaan indonesia berbicara Lebih di kancah asia bahkan dunia. Termasuk pendekatan diri dengan para pemain Timnas Indonesia yang mayoritas beragama islam. 

Bahkan dikutip dari media Korsel Joongang Ilbo, Tae Yong sudah mengetahui berlangsungnya Ramadhan setiap tahun di Indonesia. Oleh karena itu, mantan pelatih Korsel akan coba beradaptasi dengan situasi tersebut.

Dan benar saja, Setelah menjadi pelatih Timnas Indonesia shin Tae Yong telah mengaku mempelajari agama islam, hal itu dilakukannya untuk beradaptasi dan mampu menyusun program latihan Timnas Indonesia tanpa mengganggu waktu ibadah personel skuad Garuda.

“Sejak awal, saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Saya memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam, Saya belajar hal soal Islam dari sana, terutama bagian-bagian mana yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk terus menghormati waktu beribadah mereka, Saya juga akhirnya tahu ibadah itu bisa dilakukan pada waktu tertentu. Saya melakukannya dengan baik tanpa merasakan ketidaknyamanan dalam latihan”

Ungkap Shin Tae Yong kepada Sportalkkorea.

Pertama Kali Shin Tae Yong Melatih Timnas Indonesia

Ya Shin Tae-yong sendiri diresmikan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Sabtu, 29 Desember 2019 di Stadion Pakansari, Bogor. Bahkan Sebelum diresmikan sebagai pelatih Timnas Indonesia, dirinya sudah lebih dulu mengunjungi Tanah Air pada awal Desember 2019 lalu. 

Ia mengunjungi Korean Cultural Center yang berada di Jakarta. Saat itu, juru taktik 51 tahun itu bertujuan belajar budaya Islam di sana.

“Pelatih Shin Tae-yong tiba di Indonesia pada 8 Desember 2019. Fokusnya untuk memahami budaya dan karakter islami pemain-pemain Indonesia, Sehari setelahnya, Shin Tae-yong mengunjungi Korean Cultural Center di Indonesia dan mendengar ceramah dari pakar budaya Islam. Pelatih Shin menunjukan minat aktif dengan mengajukan sejumlah pertanyaan,”

Pelatih Shin bertanya, ‘Apakah pemain Iran berpuasa selama Ramadhan? Benarkah diizinkan jika hanya shalat dua kali dari lima waktu’,” Tulis media Korea Selatan, Yonhap. 

Sementara itu, Berselang dua tahun, Shin Tae-yong sudah mengenal betul budaya dan karakter orang Indonesia. Kini, Shin Tae-yong tengah membangun tim yang kompetitif, tak hanya untuk bersaing di level Asia Tenggara, tapi juga Benua Asia. 

Banyak event yang dijalani Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur tahun ini. Mulai dari Piala AFF U-23 2022, SEA Games 2021, Kualifikasi Piala Asia 2023, Asian Games 2022, Piala AFF U-19 2022, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan Piala AFF 2022.

Dan sekali lagi apa yang di tunjukan shin Tae yong jelas Luar biasa, Ia melakukan segala cara untuk mendekatkan dirinya dengan anak asuhnya hingga membuat para pemain yang diasuhnya senyaman mungkin dan bisa melakukan latihan secara maksimal. 

Ya jadi itulah alasan Mengapa Shin Tae Yong Mempelajari agama Islam Saat Melatih Timnas Indonesia.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Dari Indonesia ke Eropa !!! Lihatlah Skill Shalika Aurelia Yang Buat Roma Merekrutnya

    Dari Indonesia ke Eropa !!! Lihatlah Skill Shakila Aurelia Yang Buat Roma Merekrutnya

    Pooling 1

    Siapakah menurut kalian yang paling sukses dalam karir sepak bolanya?