in

8 Fakta Strategi dari Keberhasilan Timnas Indonesia Kalahkan UEA Malam Tadi

8 Fakta Strategi dari Keberhasilan Timnas Kalahkan UEA
8 Fakta Strategi dari Keberhasilan Timnas Kalahkan Timnas UEA

Indonesia berhasil mengalahkan Uni Emirat Arab dengan skor tipis 3-2 dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia U17. Yap sebuah keberhasilan yang tentu saja patut disyukuri. Sebab itu jelas pertandingan yang tak mudah. Dan untuk itu, Kami telah merangkum 8 fakta dibalik kemenangan dramatis Indonesia atas UEA.

1. Lanjutkan Tren Positif

Kemenangan 3-2 ini sebagaimana yang kita tahu adalah kemenangan kedua bagi Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Sebelumnya, armada Bima Sakti sukses meraih kemenangan atas Guam di laga perdana. Bahkan, laga itu sendiri sukses dimenangkan dengan skor telak 14-0. Dan dengan begitu, Timnas Indonesia U-17 sampai saat ini sukses meneruskan tren positif dalam beberapa waktu terakhir pasca menjuarai piala AFF U-16.

2. Mentalitas Terjaga

Dibawah arahan Bima Sakti, tim Garuda Muda tumbuh menjadi anak-anak dengan mental yang tak pernah kendor. Dan laga melawan Uni Emirat Arab (UEA) kembali menjadi buktinya. Sebab meski sempat 2x disamakan, pada akhirnya Timnas Indonesia mampu bangkit dan mengakhiri laga dengan kemenangan dramatis 3-2.

3. Fokus

Sebagaimana diketahui 2 gol yang bersarang ke gawang Indonesia disebabkan karena menurunnya fokus para pemain. Dan itu juga diakui oleh pelatih Bima Sakti dimana itu jelas akan menjadi bahan evaluasi agar tak terulang di laga berikutnya.

“Di babak pertama memang kami melakukan kesalahan terutama saat unggul  dua kosong, terutama kehilangan konsentrasi, di menit 30 sehingga kita kecolongan dan saya yakin pemain bisa bangkit di babak kedua dan kami bilang untuk tetap percaya diri, fokus,”

Ujar Bima Sakti usai laga

4. Unggul Detail

Pelatih Timnas Uni Emirat Arab U-17, Alberto Gonzalez, mengakui timnya tumbang karena kalah detail. Yap, Indonesia disebutnya lebih sedikit membuat kesalahan ketimbang timnya sehingga yang terjadi mereka kalah dengan skor 3-2

“Jadi, tentang fakta ini, tim Indonesia memiliki lebih sedikit kesalahan detail kecil daripada kami. karena itu, Indonesia cetak tiga gol, sayangnya kami tidak. Kami mencoba di babak kedua, terutama di 15 menit terakhir ketika kondisi fisik pemain Indonesia lebih menurun. Kami mencoba menekan dengan striker untuk menyeimbangkan kedudukan, tetapi sayangnya, detail kecil menentukan.”

Alberto Gonzalez, pelatih asal spanyol tersebut usai laga

5. Arkhan Kaka “The New Bambang Pamungkas”

Sebelum laga dimulai, Arkhan Kaka berstatus top skor sementara Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan koleksi empat gol. Nah seharusnya fakta itu sendiri dapat dijadikan tim kepelatihan Uni Emirat Arab untuk mematikan penyerang milik Persis Solo ini. Akan tetapi yang terjadi, kelincahan Arkhan Kaka sulit dibendung, hingga akhirnya pemain nomor punggung 8 ini mencetak dua gol brilian. 

Alhasil, ia pun untuk sementara masih berstatus sebagai top skor sementara Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dengan koleksi enam gol. Nah satu hal yang unik adalah saat ia melakukan selebrasi ikonik milik legenda Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, dimana Arkhan sendiri mengaku melakukan itu untuk menghormati sang legend yang pernah satu tim dengan ayahnya yakni Purwanto Suwondo di Timnas dahulu.

6. Bermain Rapat Dan Disiplin

Pertahanan Timnas Indonesia U-17 yang dikomandoi Muhammad Iqbal berhasil membuat takjub pelatih Timnas Uni Emirat Arab U-17, Alberto Gonzalez. Dimana ia pun sampai angkat topi dengan sistem pertahanan yang sudah diterapkan juru taktik Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti.

“Pertahanan Indonesia sangat bagus. Selamat untuk indonesia, kami kurang beruntung,”

Alberto Gonzales, pelatih UEA

7. 3 Pemain Kunci

Secara kolektif, permainan Timnas Indonesia U-17 sudah sangat baik. Namun, Alberto Gonzalez menggarisbawahi tiga nama pemain yang tampil brilian kontra timnya, yakni Arkhan Kaka, Muhammad Iqbal dan Figo Denish.

“Benar, jika ada beberapa pemain dari Timnas Indonesia U-17 nomor 21, penyerang nomor 8, dan 7. Pemain-pemain itu punya kualitas bagus dan bisa memberikan perbedaan. Timnas Indonesia bisa bermain secara tim bukan individualisme. Itu menyulitkan kami.”

ujar Alberto Gonzalez setelah laga usai

8. Langsung ke Puncak Klasemen

Klasemen Grup B Piala Asia U-17
Klasemen Grup B Piala Asia U-17

Kemenangan 3-2 dalam laga itu membawa Garuda Asia kini sukses menggusur tempat Uni Emirat Arab di puncak klasemen. Dimana Timnas Indonesia U-17 tercatat sudah mengemas 6 poin dari 2 laga yang sudah dilakoni. Sejatinya, koleksi poin armada Bima Sakti sama seperti Uni Emirat Arab. Namun, mereka unggul selisih gol dengan +15, sementara Uni Emirat Arab hanya +9.

Nah dengan begini, kans Timnas Indonesia U-17 melenggang ke putaran final Piala Asia U-17 2023 jelas makin terbuka lebar. Mereka hanya perlu memaksimalkan dua laga tersisa saat  menghadapi Palestina dan Malaysia.

===

Yap itulah tadi 8 fakta dibalik kemenangan dramatis Indonesia atas Uni Emirat Arab. Tentu saja, ditengah situasi duka yang sedang menyelimuti Sepakbola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan. Semoga saja ini bisa membuat Garuda Garuda Muda punya motivasi ganda untuk memberikan yang terbaik diatas lapangan. Terimakasih dan Salam Olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Monster Erling Haaland

    Reaksi Bintang Dunia Melihat Aksi Erling Haaland yang Tak Terhentikan Saat Ini

    Lionel Messi La Pulga

    10 Goal Yang Buktikan Jika Messi Perancang Permainan Terbaik di Dunia