in , ,

Deretan Reaksi Respect Dunia Sepak Bola Kepada Indonesia

Deretan Reaksi Respect Dunia Sepak Bola Kepada Indonesia
Deretan Reaksi Respect Dunia Sepak Bola Kepada Indonesia

Tragedi Kanjuruhan mengundang perhatian berbagai pihak. Tak hanya di Indonesia, duka juga menyelimuti klub-klub Eropa. Banyak dari mereka yang terlibat dalam olahraga Sepakbola, menyampaikan ungkapan duka atas insiden kelam tersebut.

Dan untuk itu, kali ini kami akan merangkum beberapa belasungkawa Dunia Sepakbola melihat betapa disayangkannya insiden seperti ini harus terjadi dalam sebuah olahraga.

Reaksi Respect Dunia Sepak Bola Kepada Indonesia

Pesan Simpati Tim Tim Top Eropa

Ucapan belasungkawa datang dari berbagai klub elit Eropa. mereka menyampaikan rasa prihatin dan penyesalan atas terjadinya peristiwa ini, melalui media sosial resmi masing-masing, klub yang menyatakan belasungkawa tersebut diantaranya adalah :

Barcelona : menolak segala bentuk kekerasan

“FC Barcelona berduka atas peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia dan menolak segala tindakan kekerasan baik di dalam maupun di luar lapangan. Belasungkawa yang tulus kami sampaikan kepada keluarga dan teman-teman para korban.”

Akun Resmi Barcelona

Arsenal

Lewat akun Instagram Resmi, klub London tersebut merasakan kesedihan yang mendalam melihat persaudaraan yang terjalin berkat sepakbola ricuh di tanah Indonesia.

“Kami sangat sedih mengetahui kejadian di malang stadion kanjuruhan Indonesia Hari ini. Bersama dengan orang yang menemukan Koneksi melalui sepak bola, pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak tragedi ini.”

Akun Instagram Resmi Arsenal

Liverpool

Liverpool beserta seluruh jajarannya turut Prihatin mendengar Tragedi yang terjadi di Nusantara kita.

“Kami sangat sedih mendengar kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang, Indonesia. Pikiran semua orang di Liverpool Football Club bersama semua yang terkena dampak saat ini.”

Akun twitter resmi Liverpool

Pita Hitam di Lengan Pemain Manchester City dan Manchester United

Sebelum berlangsungnya partai Derby Manchester, kedua Klub tersebut juga menyampaikan rasa belasungkawa atas Tragedi sepakbola Indonesia. Untuk urusan tensi pertandingan, Derbi ini tentu sama panasnya dengan derby Jatim tersebut. Namun, para penggawa Manchester City dan United sama-sama mengenakan pita hitam di lengan kirinya masing-masing sebagai tanda berduka cita atas kejadian di Kanjuruhan.

Alasan mengapa aksi ini dilakukan diungkap oleh ESPN, mereka menyebut :

’’Pita hitam dikenakan sebagai penghormatan bagi para korban yang meninggal dunia di dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Indonesia. Semua klub Premier League berduka,’’

dikutip dari ESPN

Premiere League

Instruksi untuk mengenakan Pita hitam pada Derby Manchester memang tak diperintah langsung Oleh pihak Premier Liga. Namun, orang-orang yang terlibat di dalam ranah Liga Inggris tak lupa mendoakan semua korban dampak tragedi sepak bola tanah air.

’’Doa dari kami semua orang yang ada di Premier League bersama mereka yang terkena dampak peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan, Malang, Indonesia.”

Liga Ingrris

Minutes of Silent dari La Liga

Penghormatan yang diambil Liga Primer Inggris sebagai tribut bagi korban Stadion Kanjuruhan tersebut berbeda dengan di Spanyol. 

Federasi Sepak Bola Spanyol dan operator Liga  menginstruksikan semua laga di Liga Spanyol mengheningkan cipta selama semenit sebelum pertandingan jornada ketujuh dimulai.

’’Sebagai tanda penghormatan, maka kami akan memberlakukan mengheningkan cipta selama satu menit pada pertandingan yang masih akan dimainkan dalam jornada ketujuh La Liga Santander dan jornada kedelapan La Liga Smartbank kasta kedua Liga Spanyol.’’

Liga Spanyol

Minutes of Silent dari Liga Belanda

@yengamaufyp

Minute of silence dilakukan di Liga Belanda (@eredivisie) sebelum kick-off laga Fortuna Sittard vs FC Volendam, untuk para korban di tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang. #prayforkanjuruhan

♬ a thousand years – favmusicvibes

Selain Liga Spanyol La Liga, penghormatan untuk para korban tragedi Stadion Kanjuruhan juga digelar Liga Belanda, EREDIVISIE. Eredivisie Belanda melakukan penghormatan sebelum kick-off di semua pertandingan liga mereka pada hari Minggu.

“Sebelum dimulainya semua lima pertandingan yang akan dimainkan di Eredivisie hari ini, mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati semua korban yang jatuh dalam tragedi di stadion Kanjuruhan,”

 “Kami bersimpati dengan Indonesia.”

Ucap juru bicara federasi KNVB

Erik Ten Hag

Pelatih Manchester United Tersebut (Erik Ten Hag) setidaknya merasakan dua tragedi memilukan sekaligus. Yang pertama anak asuhnya dihajar klub tetangga dengan skor 6-3, lalu yang kedua, pelatih berkepala Plontos itu melihat betapa tragisnya apa yang telah terjadi di sepak bola Indonesia

“Ini tragedi. Pikiran kami bersama keluarga dan rakyat Indonesia.”

Erig Ten hag

Jadi, akan ada 2 pikiran yang memenuhi pelatih botak setan merah itu, yaitu performa timnya dan korban tragedi derbi Jatim.

Jordi Alba : Support Dunia Agar Sepakbola Indonesia Kuat

Fullback veteran milik Barcelona itu tak percaya atas insiden ini 

Sebab, dalam beberapa minggu sebelumnya, ia melihat sendiri di Camp Nou satu Orang yang terkena serangan jantung diperjuangkan seisi Stadion.

Namun, Alba tetap berempati terhadap para korban dan menyemangati mereka dengan cinta dari seluruh dunia.

“Saya masih tidak percaya dengan apa yang terjadi di Indonesia. Saya ingin mengirimkan semua kekuatan di dunia dari sini kepada orang-orang terkasih dari para korban tragedi ini.”

Jordi Alba

Sergio Ramos : Menyayat Hati

Walaupun mantan kapten Real Madrid itu terkenal akan kegaharannya, Ia tetap tahu batasan dalam beraksi. Dan ternyata, tragedi Indonesia menyentuh hati bek garang tersebut. Ramos tak lupa mencurahkan pikirannya untuk memikirkan perasaan keluarga korban.

“Menyayat hati. Pikiran kami bersama para korban dan keluarga mereka.”

Sergio Ramos

Lukas Podolski : Sepakbola Tanah Air Bangkit !!!

Striker yang mengantarkan Jerman menjadi Jawara piala Dunia 2014 itu juga merasa prihatin atas korban di stadion kanjuruhan. Podolski berharap Indonesia mampu bangkit dan bergerak ke arah yang lebih baik lagi. Melalui akun Twitter pribadinya, Podolski Menuliskan :

Kepada masyarakat di Malang: 

“TURUT BERDUKA CITA” Bangkit Bola #Indonesia #RIP

Lukas Podolski

Achraf Hakimi : Sedih Masih Ada Tragedi Seperti Ini

Ketika melihat kericuhan yang memakan ratusan korban Jiwa. Fullback kanan milik PSG itu tampak kaget dan tak percaya. Hakimi menyayangkan masih ada Tradisi yang seperti ini dalam sepakbola, sebab nyawa jauh lebih penting dari apapun.

“Baru saja melihat gambar-gambar dari Indonesia, untuk melihat hal ini masih terjadi di sepakbola terlalu menyedihkan. Hatiku bersama kalian semua”

Achraf Hakimi

Nah sobat bola, itulah deretan reaksi respect dunia Sepak Bola kepada Indonesia. Semoga kedepannya, tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak perlu dalam sepak bola negeri tercinta kita. Sampai jumpa dan maju olahraga Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Lionel Messi PSG

    10 Aksi Paling Gila yang Pernah Dilakukan Pesepak Bola Saat Bertemu Lionel Messi

    Lionel Messi Juara Piala Dunia

    Alasan Para Legenda Sepak Bola Ingin Melihat Lionel Messi Juara Piala Dunia 2022